Bersama Tim Relawan Kesehatan Jama’ah Haul Abah Guru Sekumpul Ke- 18

MARTAPURA – Digelarnya Haul Guru Sekumpul adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati hari wafat Tuan Guru Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani Al-Banjari atau yang kerap disapa Abah Guru Sekumpul. Haul ini diadakan setiap tanggal 5 Rajab dan dipusatkan di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Tahun ini Tim Kesehatan Stikes Borneo Nusantara Banjarmasin jurusan D3 Keperawatan bersama rekanan Guntung Manggis Resque dan Tungkaran bersatu mengerahkan kawan-kawan yang di tempatkan pada Posko Haul Ke-18 Guru Sekumpul.

Mereka membawa kue dan makanan yang kemudian diberikan ke jemaah Haul Guru Sekumpul.

“Posko dilengkapi dengan makanan dan prasarana lainnya untuk pelayanan bagi jamaah,” terang M Hendriani Ihsan Ketua Guntung Manggis Resque dan Penanggung Jawab (Dosen) Stikes Borneo Nusantara Banjarmasin Jurusan D3 Keperawatan didampingi Ahmad Rifai Ketua Tungkaran Bersatu, Kamis (26/1/2023).

Adapun titik Posko yang langsung di bawah kendali Ahmad Rifai Ketua Tungkaran Bersatu sebagai penanggung jawab pengamanan untuk Haul Guru Sekumpul tahun ini. Di antaranya Posko Simpang tiga arah menuju lokasi acara (kediaman Gubernur Kalsel Paman Birin) Jalan Kertak Baru Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar,”ungkapnya.

Baca Juga !  GELAR BINKOM Tim Sintelad Gandeng Kodim 1002/HST Cegah Konflik Sosial

Mereka dibantu teman teman yang terlibat langsung dalam Pamkes Haul Ke-18 Guru Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar.

“Datang menjadi relawan membagikan kue dan makanan untuk dapat berkah,” ucapnya, Kamis (26/1/2023) siang.

Dalam rombongan ini karena cintanya kepada mendiang Abah Guru Sekumpul.

“Mudahan saya berumur panjang dan bisa lagi ke Haul Guru Sekumpul tahun depan,”, ujarnya.

Acara Haul Ke-18 almarhum KH Zaini Abdul Ghani yang akrab disebut Guru Sekumpul atau Guru Izai akan berlangsung pada malam Jumat, tanggal 26 Januari 2023.

Diprediksi jutaan jamaah dari penjuru Kalimantan hingga berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri akan memadati kawasan Sekumpul di Kota Martapura.

Bagi jamaah yang menempuh perjalanan jauh, tentu menjadi kegiatan yang melelahkan. Saat tubuh berada dalam kondisi tersebut, ancaman terserang penyakit atau mengalami kecelakaan pun lebih besar terjadi.

Untuk itu M Hendriani Ihsan, mengingatkan masyarakat agar menjaga kesehatan tubuh sebelum dan saat berangkat menghadiri Haul Guru Sekumpul sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga !  Sambut HUT RI Ke 78 Dan Harjad Ke 74 Th Kalsel, Pembebasan Juga Pengurangan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Sementara Ahmad Rifai, Ketua Tungkaran Bersatu menghimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat tetap mentaati aturan lalu lintas di jalan sehingga semua selamat ke tempat tujuan dan selamat menuju pulang ke rumah, ucapnya.

“Tetap mematuhi aturan lalu lintas dan petugas keamanan yang berada di lapangan maupun saat mengikuti Haul Abah Guru Sekumpul,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *