IKM Binaan PLN Serap Pengrajin Lokal Ciptakan Lapangan Kerja Dikampung Purun

POSTKAL.COM, BANJARBARU – Program PLN Peduli yang diharapkan berdampak signifikan terhadap kemajuan Industri Kecil Menengah(IKM), sehingga dapat menyerap tenaga kerja atau pengrajin lokal disekitar lokasi IKM.

Kampung Purun di Kelurahan Palam, Banjarbaru, Kalimantan Selatan dikenal memiliki sumber daya bahan baku purun yang melimpah, sehingga dibutuhkan pemanfaatan yang tepat sasaran untuk diolah menjadi barang bernilai.

Salah satu Ketua Pengrajin Kampung Purun Al Firdaus, Siti Mariana mengatakan, dulu pemanfaatan purun ditempatnya tidak maksimal dan dilakukan perorangan.

“Dulu purun disini hanya dibuat untuk membuat tikar purun dan musiman saja, yaitu pada saat musim panen tiba, dan belum ada kelompok-kelompok pengrajin”, ujarnya, kepada awak media, Selasa (6/12/2022).

Ia bilang, program TJSL ini tak hanya pengadaan peralatan, tetapi juga memfasilitasi warga kampung purun untuk menggali kreativitasnya melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintah Kota melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Banjarbaru.

Baca Juga !  UNIQLO Bakal Hadir Di Duta Mall Banjarmasin, 9 Desember Mendatang

“Program ini berdampak positif bagi warga sekitar kampung purun, saat ini hampir setiap rumah ditemui pengrajin purun baik laki-laki maupun perempuan. Ada yang berprofesi sebagai pencari bahan baku purun didanau, dan ada juga yang membuka jasa “menutuk purun” atau memipihkan purun sehingga siap diolah menjadi anyaman,” jelasnya.

Salah satu kelompok pengrajin Kampung Purun, Al Firdaus, menyampaikan, pada awal beroperasi hanya beranggotakan 16 orang pengrajin, namun setelah adanya binaan dari PLN bersama Pemerintah Daerah saat ini anggota kelompok Al Firdaus mencapai 45 orang baik pengrajin maupun pencari bahan baku.

Kata dia, keberhasilan dan konsistensi ini tentu saja membahagiakan bagi semua pihak yang terlibat, termasuk dari PLN.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Muhammad Joharifin mengaku bersyukur atas keberlanjutan Program PLN Peduli di Kampung Purun

Baca Juga !  LSM BABAK Kalsel : Diduga Pengangkatan Dirut BUMD Cacat Hukum

“Kami berharap IKM ini semakin berkembang dan bisa menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja terutama yang berada dikawasannya, sehingga secara ekonomi bisa meningkat, dan kesejahteraan masyarakat juga meningkat,“ harapnya.

(nnks/pk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *