Kapolda Kalsel Bersama Kapolresta Banjarmasin Pimpin Acara Bakti Sosial dan Nikah Massal

POSTKALIMANTAN.COM, BANJARMASINKapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Andi Rian Djajadi, SIK., MH memimpin acara Nikah Massal dan Bakti Sosial dengan semangat “PRESISI BAIMAN ADALAH KITA”, yang diselenggarakan oleh Polresta Banjarmasin Polda Kalsel. Acara tersebut berlangsung di Jalan R.E. Martadinata Siring Balai Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023).

Rangkaian kegiatan gelar acara yang diselenggarakan oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo, SIK., MH, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, dan dihadiri Gubernur Kalsel melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan, SH, MM dan pejabat tinggi lainnya, serta melibatkan 53 pasangan yang sah secara pernikahan, sedangkan 102 pasangan lainnya menanti ijab kabul pada tanggal 14 Desember 2023 mendatang.

Sebelum dimulainya seremoni pernikahan massal, para peserta terlebih dahulu menyaksikan Tilawah Al Qur’an dan mendengarkan khotbah nikah. Setelah prosesi pernikahan massal, Kapolda Kalsel memberikan buku nikah dan voucher menginap kepada perwakilan dari 155 pasangan, terdiri dari 53 pasangan di KUA Kota Banjarmasin dan 102 pasangan di Sidang Isbad.

Tampak Senyum kebahagian terpancar dari sejumlah pasangan pengantin yang melangsungkan akad nikah di Siring Balai Kota Banjarmasin.

Baca Juga !  Muktamar IMM ke 20 di Palembang, IMM Kalsel berangkatkan 30 Peserta

Disebabkan tengah mahalnya biaya acara pernikahan, mereka justru mendapatkan kesempatan nikah secara gratis tanpa mengeluarkan biaya resepsi.

Pada kesempatan nikah gratis tersebut diberikan kepada 155 pasangan di Kota Banjarmasin. Program nikah massal tersebut terselenggar oleh pihak Polresta Banjarmasin bekerja sama dengan Pemko Banjarmasin.

Dengan Adanya 155 pasangan yang terdaftar pada kegiatan nikah massal tersebut. 53 diantaranya merupakan pasangan menikah KUA dan dinikahkan langsung pada kegiatan nikah massal. Sedangkan sisanya 102 pasangan menunggu isbat nikah.

Hal itu menariknya, seluruh pasangan yang sudah dinikahkan diberikan fasilitas menginap di Hotel Kota Banjarmasin selama satu sampai dua malam.

Mereka diantar langsung dengan iring-iringan pawai menggunakan becak yang sebelumnya telah dipersiapkan penyelenggara.

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Andi Rian Djajadi, SIK., MH yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi program yang membantu mewujudkan kebahagiaan masyarakat melalui nikah massal.

“Kita menggelar nikah massal ini khususnya kepada saudara yang tidak mampu melangsungkan pernikahkan sendiri secara sah,” ucap Kapolda Kalsel.

Menurut Kapolda, dengan digelarnya nikah massal dapat membantu pasangan yang tidak mampu serta membantu legalitas bagi pasangan yang pernikahannya belum terdaftar di negara karena nikah siri.

Baca Juga !  Tekad Perbaikan Kesejahteraan Dalam Aktivitas LKSA PSAA Banjarmasin

“Dengan adanya pernikahan resmi secara negara tentu menjamin hak-hak anak atau keturunanpengantin nantinya,” jelas Andi Rian.

Andi Rian mengatakan, antusias pendaftaran nikah massal yang digelar kali ini sangat tinggi, hal itu terlihat dari banyaknya jumlah pasangan yang mendaftar.

Dari 350 pasangan yang mendaftar dan dilakukan verifikasi, hanya 155 pasangan yang dikatakan memenuhi syarat untuk dinikahkan.

“InsyaAllah nanti kita akan laksanakan lagi tahap berikutnya,” kata Kapolda Kalsel.

Kegiatan yang berlokasi di kawasan Siring Panggung Balai Kota Banjarmasin ini, selain nikah massal juga dirangkai dengan bakti sosial Polri yaitu pembagian BPJS Ketenagakerjaan, Pembagian untuk disabilitas, pembagian sembako, bazar UMKM, dan pengundian hadiah doorprize. (Ek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *