Bupati Kotabaru Resmikan Pasar Tarjun Jaya Dan Pasar Sumber Rezeki

Postkalimantan.com – Kotabaru. Untuk memajukan perekonomian masyarakat sudah sepatutnya dibangun sebuah Pasar Desa agar perputaran keuangan pedagang dan pembeli bisa saling mendukung.

Dengan selesainya dibangun pasar Desa Tarjun dan Pasar Desa Mandala, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Secara Resmi Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H. melakukan pemotongan pita untuk meresmikan pasar desa tersebut. Rabu, 11 Januari 2023.

Pasar Tarjun Jaya Desa Tarjun dibangun melalui Dana Desa dengan biaya 800 juta yang dimulai dari tahun 2022 s/d 2023 dengan fasilitas berupa listrik, air dan bangunan berupa kios dan Los pasar.

Sedangkan bangunan Pasar Sumber Rezeki Desa Mandala melalui dana APBD Kotabaru sebesar Rp. 184.508.000 dengan pelaksana CV. Dhania dan pemasangan paving untuk blok pasar Desa Mandala sebesar Rp. 166.833.000 pelaksana CV. Bahtera Aditama yang dibangun mulai bulan Juni s/d Desember 2023 dengan fasilitas lengkap yaitu adanya listrik, air dan wc.

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H., menyampaikan hadirnya Pasar Desa Tarjun Jaya dan Sumber Rezeki di Desa Mandala dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar pasar, khususnya pedagang pasar.

Baca Juga !  LSM BABAK Kalsel : Diduga Pengangkatan Dirut BUMD Cacat Hukum

“Keberadaan pasar, khususnya pasar desa ini, merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah, hidupnya pasar Desa ini, tentunya dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Desa tersebut” Ucap Bupati Kotabaru.

Bupati Kotabaru juga berpesan, agar bersama-sama dapat mempertahankan keberadaan pasar desa ini agar tidak Tergerus keberadaan pasar modern. Karena hilangnya pasar desa dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Setelah pasar ini diresmikan dan beroperasi, kami berharap agar seluruh elemen pasar desa baik pengelola, pedagang dan pembeli dapat bersama-sama menjaga kebersihan, menjaga fasilitas dan keamanan serta memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan, bukan tidak mungkin masyarakat akan lebih memilih berbelanja di pasar tradisional dibanding di pasar modern” Harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mandala Jumari juga menjelaskan, kurang lebih 8 tahun warga desa mereka menginginkan pasar ini yang mana selama ini berjualan di bahu jalan.

“Kami warga Mandala sangat gembira dengan adanya peresmian pasar tersebut, karena kurang lebih 8 tahun kami menginginkan adanya bangunan pasar ini, dimana dimulai tahun 2015 sudah berjualan di bahu jalan dan sekarang alhamdulillah di awal tahun 2024 telah selesai pembangunan pasar Mandala yang dilengkapi dengan fasilitas seperti listrik, air dan wc sehingga masyarakat yang beraktivitas dalam hal berbelanja atau jual beli di pasar ini merasa aman dan nyaman, sedangkan untuk pembuangan sampah kami sudah menyiapkan lahan untuk lokasi pembuangan sampah” Jelasnya.

Baca Juga !  Anggota DPR RI H Syamsul Bahri Diberikan Amanah dari Warga untuk Memperjuangkan Aspirasi

Perlu diketahui, setelah melakukan peresmian pasar desa, Bupati Kotabaru beserta rombongan meninjau langsung bangunan pasar serta pedagang sembari menyapa warga setempat.

Penulis : Muhammad Rizky.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *