Dalam Rangka Puncak HANI 2024, Dua Kelurahan dan Empat Desa di Tala Resmi Berstatus Bersih Narkoba

PELAIHARI, POSTKALIMANTAN.COM – Terdapat dua kelurahan dan empat desa di Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel) yang resmi berstatus sebagai Kelurahan/Desa Bersinar alias Bersih dari Narkoba pada tahun 2024.

Diantaranya, Kelurahan Pelaihari dan Kelurahan Angsau dari Kecamatan Pelaihari, Desa Batu Mulya dan Desa Batakan dari Kecamatan Panyipatan, serta Desa Ujung dan Desa Nusa Indah dari Kecamatan Bati-Bati.

Kepastian status tersebut telah tertuang berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Tanah Laut Nomor 100.3.3.2/427-KUM-2024 per tanggal 26 Februari 2024 tentang Penetapan Desa dan Kelurahan Bersih Narkoba di Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024.

Lurah Pelaihari, Hidayatullah mengatakan, penetapan ini menjadi tekad dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkotika di wilayah Kelurahan Pelaihari setelah dalam beberapa kesempatan rutin melakukan sinergi bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tala.

Baca Juga !  Digelarnya Pasar Murah Sangat Membantu Warga Desa Batalang Tala

“Kami telah membangun sinergitas bersama BNNK Tala seperti melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba termasuk cara pengendaliannya kepada masyarakat,” ucap Dayat sapaan akrabnya usai menerima Piagam Penghargaan untuk Kelurahan Pelaihari sebagai salah satu Kelurahan Bersinar pada acara puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024 di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari pada Rabu (26/6/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Tala melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, M. Safarin menyampaikan, memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkotika tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan aparat penegak hukum saja, tetapi juga memerlukan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat.

“Adanya sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan semua pihak terkait, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba, sehingga generasi muda kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” ucap Safarin yang turut menghadiri puncak peringatan HANI 2024 tersebut.

Baca Juga !  HADIAH UMROH Jalan Santai Bersama Golkar di Menangkan Kartomo: Mengucapkan Terimakasih Paman Birin, Semarak HUT RI Ke 78

Sementara itu, Kepala BNNK Tala, Ferey Hidayat R. turut memastikan, penetapan terhadap dua kelurahan dan empat desa ini bukan semata peperangan terhadap bahaya narkotika hanya berfokus kepada wilayah tersebut saja. (MN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *