Hari Lingkungan Hidup Sedunia Perusahaan Tiga Roda Ber-AKSI Melaksanakan Bersih – Bersih Diperairan Dan Kelola Sampah Serentak

Post Kalimantan – Kotabaru. PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 dengan melaksanakan aksi bersih – bersih diperairan dan Kelola sampah bersama Indocement (Ber-AKSI) yang dilaksanakan serentak pada 10 Juni 2023 di tiga kompleks pabrik.

Karyawan Indocement Kompleks Pabrik Citeureup melaksanakan aksi bersih – bersih sampah di Sungai Cileungsi, karyawan Kompleks Pabrik Cirebon melakukan aksi bersih – bersih saluran irigasi pertanian, Desa Palimanan Barat sedangkan Karyawan Kompleks Pabrik Tarjun melaksanakan aksi bersih – bersih di pesisir desa Tarjun dan Selat Laut, dari aksi ini Indocement berhasil membersihkan total sampah seberat 

16,3 ton sampah yang terdiri dari sampah organik dan sampah non-organik.

Selain melaksanakan aksi bersih – bersih, Indocement juga melaksanakan beberapa kegiatan untuk 

menjaga keanekaragaman hayati di seluruh kompleks pabrik milik Indocement.

Di Kompleks Pabrik Citeureup dilaksanakan peresmian area konservasi Taman3Roda dan penanaman tamanan vegetasi, di Kompleks Pabrik Cirebon dilakukan peresmian area konservasi tanaman endemik dan langka “Kebon 

Cirebon” seluas 3,5 hektar dan penanaman 100 batang pohon endemik Cirebon secara simbolis berupa 

pohon Benda, Bungur, Gempol, Jamblang, Kedawung, Kesambi, Puspa, Rasamala, Saninten, Tanjung 

dan Walikukun sedangkan di Kompleks Pabrik Tarjun dilakukan penanaman 1.000 pohon mangrove serta 

Baca Juga !  Buaya Berulah Lagi, Seorang Wanita Berusia 39 Tahun Tewas

penanaman pohon langka yaitu pohon Ulin dan Pasak Bumi.

Indocement juga turut mendukung dalam kegiatan Uji Emisi Akbar DKI Jakarta untuk kendaraan roda dua 

dan roda empat yang dilaksanakan pada 5 Juni 2023 serta berpartisipasi dalam program Karbon Biru atau Net Zero Emission from Ocean (NEMO) yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan.

Direktur & Corporate Secretary Indocement, Oey Marcos, menyatakan bahwa pelaksanaan beragam 

program ini merupakan bukti keseriusan Indocement dalam menjaga dan melestarikan keanekaragaman 

hayati dan lingkungan hidup, “Melalui kegiatan ini, kami berupaya untuk menjadi tetangga yang baik bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar daerah operasional. Kami juga terus berupaya untuk mengurangi emisi CO2 dari proses produksi dengan mengkonsumsi bahan bakar alternatif berupa refuse derived fuel yang salah satunya diproduksi oleh TPST Bantargebang.”

Inisiatif dan kolaborasi menjadi 

dasar untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan upaya ini akan terus membawa energi dan perubahan positif bagi lingkungan dan komunitas, sambil tetap memenuhi kebutuhan material untuk masa depan yang lebih baik, tambah Marcos.

Mengenai Indocement Indocement adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yang memproduksi Semen Tiga Roda dan Semen Rajawali. 

Baca Juga !  Ramah Tamah Dan Silaturahmi Bersama Danlantamal XIII

Saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen (sebagai usaha inti) dan beton siap – pakai, serta tambang agregat dan trass, dengan jumlah karyawan sekitar 3.400 orang.

Indocement mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 25,5 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di 

Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Pada 2022, Indocement telah menandatangani Perjanjian Sewa Pakai Aset dengan PT Semen Bosowa Maros dan PT Bosowa Corporindo. Heidelberg Materials telah menjadi pemegang saham mayoritas Indocement sejak 2001, tutupnya. (ril/ardiansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *