Menghadap Plt Dirjenpas, Koordinasikan Kinerja Pemasyarakatan Kalimantan Selatan

BANJARBARU, POSTKALIMANTAN.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil) Kalimantan Selatan, Taufiqurrakhman, didampingi I Wayan Nurasta Wibawa selaku Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Banjarbaru, dan Wahyu Susetyo selaku Kalapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, menghadap Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Plt Dirjenpas), Reynhard Silitonga, dalam rangka berkoordinasi terkait kinerja Pemasyarakatan Kalimantan Selatan.

Bertempat diruang kerja Dirjenpas, Rabu (8/5), kedatangan Kakanwil beserta jajaran diterima langsung oleh Reynhard Silitonga yang juga menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham. Dihadapan Dirjenpas, Kakanwil Kemenkumham Kalsel secara umum menyampaikan kinerja Pemasyarakatan Kalimantan Selatan.

“Kinerja Pemasyarakatan di Kalsel dari tahun ke tahun dan tahun 2024 ini terus menunjukkan adanya perbaikan dan peningkatan, khususnya dalam pelayanan publik baik kepada keluarga warga binaan maupun warga binaan itu sendiri,” ujar Taufiqurrakhman.

Dikatakan Kakanwil, peningkatan kinerja tersebut tidak hanya hasil kinerja jajaran Pemasyarakatan di Kalsel sendiri, namun juga hasil pelibatan stakeholder terkait lainnya yang turut membantu terutama dalam fasilitas.

“Keberhasilan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat maupun stakeholder terkait dalam pelaksanaan tugas serta adanya bantuan dari Pemerintah Daerah, berbagai fasilitas, sehingga pelaksanaan tugas pemasyarakatan di Kalimantan Selatan dapat berjalan dengan baik,” kata Kakanwil.

Baca Juga !  Relawan Gotong Goyong Punya Posko, Siap Menangkan Ganjar di Tanah Laut 2024

Secara khusus, Kakanwil juga menyampaikan adanya upaya dan langkah-langkah inovatif yang dilakukan jajaran UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan khususnya Lapas Kelas IIB Banjarbaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi warga binaan baik pelayanan kesehatan pada Klinik Pratama dan layanan penyelenggaraan makanan pada Dapur Sehat.

Kakanwil juga berharap Klinik Pratama dan Dapur Sehat Lapas Banjarbaru ini dapat diresmikan oleh Plt Dirjenpas setelah melalui studi tiru, berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, proses renovasi dan pembangunan yang memenuhi standar kesehatan dan higienis.

“Semoga bisa diresmikan langsung oleh Bapak Plt Dirjenpas dan pada akhirnya menjadi semangat kolaboratif dan dapat diimplementasikan oleh seluruh UPT Pemasyarakatan lainnya di Kalimantan Selatan,” harap Taufiqqurakhman.

Plt Dirjenpas, Reynhard Silitonga menyambut baik kedatangan Kakanwil Kemenkumham Kalsel beserta jajaran. Dirinya pun mengapresiasi adanya perbaikan dan peningkatan kinerja jajaran Pemasyarakatan Kalimantan Selatan dari tahun ke tahun dalam memberikan pelayanan baik terhadap warga binaan maupun keluarga warga binaan.

Baca Juga !  Polda Kalsel Menghimbau Pada Saat Malam Takbiran dan Shalat Idul Fitri

“Hal ini merupakan upaya dalam mendukung program 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju, dalam konteks ini menjaga budaya kerja higienis dan merawat sarana prasarana penunjang layanan makanan dan kesehatan yang merupakan bagian integral dari upaya mencapai tujuan program tersebut,” ucap Reynhard.

Dalam pertemuan tersebut, Plt Dirjenpas bersedia untuk meresmikan Dapur Sehat, Klinik Pratama, Gereja Pniel Lapas Banjarbaru yang rencananya akan berlangsung beberapa waktu kedepan di Lapas Kelas IIB Banjarbaru. (TR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *