Satu Hari Bersama TNI Polri, Lanal Banjarmasin Bekali Peserta Kemah Bela Negara Nasional Tentang TNI AL

TNI AL, Banjarmasin,- Untuk memperkenalkan lebih dekat dengan TNI Angkatan Laut, Pangkalan TNI AL Banjarmasin melaksanakan giat pendampingan dan pemberian materi tentang TNI AL, Saka Bahari, dan Pengenalan Alat Selam kepada peserta Kemah Bela Negara Nasional Tahun 2023, bertempat di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (13/7/2023).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Napak Tilas Lintas Medan Peserta Kemah Bela Negara Tingkat Nasional dengan menyusuri jalur Perjuangan Perang Gerilya dimulai dari pendakian ke Puncak Bukit Tengger kemudian melalui Bukit Tirai Hujan dan dilanjutkan perjalanan menuju Pintu Gerbang Tahura Sultan Adam Mandiangin sejauh 4 kilometer dengan melewati 8 Pos yang telah ditentukan. Dalam kegiatan ini peserta mendirikan tenda dan bermalam di area yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara (Kwarda Kalsel). Selanjutnya peserta memperoleh materi dan pelajaran praktek dari TNI-Polri tentang bagaimana menanamkan Rasa Cinta Tanah Air dan Kesadaran Kewajiban Bela Negara bagi setiap Warga Negara Indonesia dari TNI dan Polri pada setiap pos yang dilewati.

Baca Juga !  Jum'at Curhat : Kapolda Kalsel sambang Pasar Terapung Lok Baintan

Adapun pembagian pos terdiri dari TNI AD (Korem 101/Antasari) Pos 1 dan 2 dengan materi Navigasi Darat dan Pengenalan Mountenering, TNI AL (Lanal Banjarmasin) Pos 5 dan 7 dengan materi Pengenalan Saka Bahari dan Pengenalan Alat Selam, TNI AU (Lanud Syamsudin Noor) Pos 6 dan 8 dengan materi Meteorologi dan Aerodinamika Pesawat, POLRI (Polda Kalsel) Pos 3 dan 6 dengan materi Pengenalan Saka Bhayangkara dan Harkamtibmas.

Pada kesempatan tersebut, TNI Angkatan Laut memberikan pembekalan materi kepada para peserta tentang Pengenalan TNI AL berupa Tugas Pokok TNI AL, Alutsista yang dimiliki oleh TNI AL yang ditampilkan di Stand Pameran Alutsista Lanal Banjarmasin, Cara mendaftar menjadi anggota TNI AL, Pengenalan Alat Selam, dan Pengenalan Saka Bahari yang meliputi 4 Krida yaitu Krida Sumberdaya Bahari, Krida Jasa Bahari, Krida Wisata Bahari, dan Krida Reksa Bahari.

Pada Puncak Acara Satu Hari Bersama TNI-Polri, para peserta diperkenalkan dengan Seragam Dinas TNI Polri yang dipergunakan baik dalam kedinasan sehari-hari maupun kegiatan khusus yang ditampilkan dalam fashion show dari Prajurit Pria dan Prajurit Wanita TNI-Polri.

Baca Juga !  Anies - Cak Imin sambangi KPU RI untuk Daftar Capres-Cawapres 2024, Ribuan Simpatisan di Kalsel Sambut Meriah

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengajak pemuda pemudi peserta Kemah Bela Negara agar memiliki jiwa nasionalisme dan menumbuhkan rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta mengenal lebih dekat dengan TNI-Polri.

(Pen Lanal Banjarmasin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *