TOT Taplai Lemhannas RI Angkatan Pertama Secara Virtual Beri Pengetahuan Berharga Untuk Para Trainer

BANJARMASIN, POSTKALIMANTAN.COM – Sebanyak 75 orang yang terdiri dari Dosen, Guru dan Widyaiswara sejak Selasa 20 Februari sampai dengan Kamis 29 Februari 2024 mengikuti Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainer (TOT) Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan secara Virtual Angkatan 1 Lemhannas RI Thn. 2024

Kegiatan yang digelar secara virtual ini merupakan Angkatan Pertama Tahun 2024 Lemhannas Republik Indonesia.

Salah satu Peserta Ir Adhi Surya yang merupakan Dosen UNISKA MAB Banjarmasin menginformasikan, pagi Kamis (29/2/2024) dilaksanakan Penutupan Giat ToT Taplai Kebangsaan Secara Virtual Angkatan 1 Lemhannas RI tahun 2024.

Sebagai peserta Ir. Adhi Surya, ST, MT dan Prof. Dr. Hj. Sulastini, SE, M.Si, CIRR dari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin menuturkan giat Pelatihan Untuk Pelatih (PUP) Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan secara Virtual Angkatan I Lemhannas RI Tahun 2024 sangatlah baik untuk mengingatkan kembali Nilai – nilai kebangsaan dari 4 Konsensus Dasar Bangsa yaitu : Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika (BTI).

Dalam giat ini ada pemberian materi nilai-nilai kebangsaan dari narasumber pilihan yang hebat, membuat serta ujian essay makalah individu dan kelompok, ada bikin video nilai-nilai kebangsaan, ada virtual game : outbound virtual yang membangun pribadi menjadi agen perubahan dari nilai-nilai kebangsaan dan ada pemilihan Ketua Angkatan Alumni ToT dan terpilih Edy Soesanto, ST, MM, CHSNC, CAT-A dari Universitas Bhayangkara Jakarta dan diakhiri Pembacaan Komitmen Bersama dengan judul Membumikan Nilai-nilai Kebangsaan Dalam era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, Guna Merawat Dan Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara Menyongsong Indonesia Emas 2045.

Baca Juga !  Bakesbangpol Tala Gelar Sosialisasi Seni dan Budaya, Agar Tata Krama Tidak Hilang di Lingkungan

Diharapkan peserta menjadi agen dan mitra Lemhannas RI untuk menularkan pengetahuan nilai-nilai kebangsaan pada Mahasiswa/Pelajar Generasi Z. Pengetahuan ini berguna untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Giat ditutup oleh Mayjen TNI Rido Hermawan M.Sc dengan meluncurkan Aplikasi Waktu Merah Putih (WMP), dimana pada aplikasi tersebut para Alumni ToT dapat mengakses materi dan keperluan lainnya dalam rangka mendistribusikan nilai-nilai kebangsaan kepada lingkungan dan di manapun tempat alumni bekerja.

Baca Juga !  Warga Desa Kunyit Syafarudin Berpesan: Ayo Jangan Golput di 13 September 2023 Tentukan Pilihan!

Walaupun dengan kondisi yang baru dibuat dan dengan segala keterbatasannya, diharapkan aplikasi ini dapat dijadikan acuan bagi para alumni ToT Taplai Kebangsaan.

Lemhannas RI mengharapkan masukan serta saran dari seluruh peserta Alumni ToT Taplai Kebangsaan untuk perbaikan dan kemajuan aplikasi ini, sehingga menjadi lebih baik lagi.

Kita berharap semoga Indonesia Negara yang kita cintai bersama ini menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. (*NY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *