Dishub Tala Rekapitulasi Data Dengan Tim Gabungan, Warga Yang Terdampak Ikut Menyambut Baik dan Siap Mendukung Terminal Tipe C

PELAIHARI – Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut, dengan tim gabungan ikut turun kelapangan untuk menindaklanjuti rencana pembangunan Terminal Tipe C, berlokasi di Desa Ambungan, untuk itu kami dari Dinas Perhubungan melakukan pendataan dor to dor kepada warga yang terdampak di Rt 3 Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Rabu 5/7/2023).

Kepala Dinas Perhubungan Danoe Sulaiman SH menjelaskan, hari ini kami akan mendata setiap rumah.

“Terutama yang menjadi tempat tinggal berusaha puluhan tahun dan usahanya membuka warung, untuk lebih jelas semua harus diklarifikasi, selanjut rekapitulasi dulu di kantor, kemudian kami akan tindak lanjuti lagi melalui BPKD, data ini akan diserahkan kepada BPKD untuk di tidak lebih lanjut melalui rapat koordinasi instansi yang berkaitan lahan ini,” terangnya.

“Kemudian  nanti dari data itu, ada tindak lanjut terhadap masyarakat, yang terdampak itu dulu,” kata Danoe untuk sementara.

“untuk rencana pembangunan sendiri kita berpedoman kepada peraturan yang berlaku dengan catatan bahwa hak atas tanah memang harus kita pegang, ini dalam rangka kita mengeluarkan lahan dulu, karena memang dari pertemuan sebelumnya kita dengar masyarakat memang ingin ada berapa keinginan diakomodir dulu sementara kita rumuskan nanti, tidak mungkin Dinas Perhubungan merumuskan sendiri, otomatis pasti  pimpinan daerah ikut harus merumuskan, karena ini berkaitan dengan aset pemda, kemudian nanti penggunaan aset-aset nanti kedepan,” ucap Danoe, termasuk mereka diperbolehkan berusaha lingkungan wacana terminal.

Baca Juga !  Bimtek Agar Aparatur Desa Meningkatkan Kapasitas SDM yang Berkualitas

Ahmad Rijali Ketua RT 3 Desa Ambungan ikut juga mendampingi kegiatan pendataan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan.

“Terutama khusus warga kami yang terdampak imbas rencana pembangunan terminal tipe c, adapun warga yang akan terimbas menurut ketua RT 3, sekitar 13 Kepala Keluarga (KK), sesuai hasil rapat di aula Setda, mengenai tambahan  menjadi 2 kios itu baru tau hasil dari data Dinas Perhubungan sendiri selaku yang mendata,” ucapnya.

Baca Juga !  Keren, Tanah Laut Kembali Raih Piala Adipura, Pj Bupati Tala Bersyukur Sambutan Antusias Warga

Ketua BPD Desa Ambungan H.Syamsu sangat menyambut baik dengan adanya pembangunan terminal tipe C yang berlokasi di Desa Ambungan.

“Sebagai penyambung aspirasi, pemerintah juga lebih memperhatikan Hak dan kewajiban warga kami, khusus juga yang terdampak imbas rencana kena gusur itu, yang lebih penting diselesaikan pihak dinas terkait seperti Dinas Perhubungan,” tutupnya. (MN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *