Kunjungan Ke IWK Malaysia Hingga Kegiatan Sosialisasi Warnai Aktivitas Juni Di Perumda Pald Banjarmasin

BANJARMASIN – Indah Water Konsorsium (IWK) Malaysia berkomitmen membantu Perusahaan Umum Daerah Pengelolaan Air Limbah Domestik (Perumda PALD) Kota Banjarmasin pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam aspek penyesuaian (standardisasi), pengelolaan, serta pelayanan air limbah dan air bersih.

Pada bulan ini, 8 orang yang berada di Bidang Teknik dan Umum di Perusahaan Umum Daerah Pengelolaan Air Limbah Domestik (Perumda PALD) Kota Banjarmasin, kata Rosayu Inta Anggraini, SR. MM., selaku Manajer Umum, akan berangkat ke IWK Malaysia pada 11 Juni 2023 dan kembali 16 Juni 2023.

“Fokusnya yang pasti pengolahan. Kemudian di (bidang) umumnya itu mungkin tentang K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja). Terus SDM (Sumber Daya Manusia),” ungkap Ayu, sapaan akrabnya, Kamis (8/6/2023) pagi di Kantor Perumda Pald Banjarmasin.

Menyinggung musim kemarau yang berdampak karhutla yang bisa mengganggu layanan, kata Ayu, seperti biasa. Tidak ada gangguan. Termasuk tidak khawatir terkena karhutla, karena semuanya masih terkendali.

Untuk fokus Juni, tetap melakukan aktivitas sosialisasi untuk Bidang Pelayanan Pemasaran.

“Yang sudah pasang biofil biar tetap bisa kerjasama dengan Perumda Pald untuk pelayanannya. Kemudian pemasangan sambungan rumah juga tetap, masih. Kemudian pemeliharaan jaringan. Jadi yang rutinitas saja,” Ayu menambahkan.

Baca Juga !  GERAKAN PRAMUKA DI ANGSANA ADAKAH LOMBA GIAT TINGKAT PENGGALANG TAHUN 2023

Untuk kegiatan sosialisasi ke berbagai sekolah, kata Ayu, untuk kegiatan ini belum dimulai lagi, tapi untuk sosialisasi ke masyarakat, sudah mulai. Yaitu ke RT Penerima Manfaat.

“Kemaren itu di Kelurahan Pangeran (Kecamatan Banjarmasin Utara). Penerima manfaat biofilter. Ada program bantuan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) melalui Dinas PUPR,” Ayu menjelaskan.

Dikatakan, bisa bekerjasama dalam 3 tahun harus melakukan penyedotan, sehingga harus memberikan edukasi ke masyarakat, bahwa tangki tersebut harus ada perawatannya. Kemudian Masyarakat diajak untuk berlangganan.

“Berbayarnya melalui rekening PDAM (dikenakan tarif 25 % untuk umum dan 12,5 % untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah/MBR), tapi kita layani duluan. Entar 3 tahun atau berapa, baru kita layani,” Ayu menjelaskan lagi.

Pihaknya, kata Ayu, juga melakukan pengecekan biofilternya. Jika memang perlu dilakukan penyedotan di awal, bisa dilakukan.
Sedangkan jika belum ada jaringan pipa Perumda Pald di kawasan tersebut, maka dijemput dengan menggunakan mobil tangki. Namun jika masuk gang kecil, maka penyedotan menggunakan kendaraan sedot roda tiga.

Berikut Info tarif Perusahaan Umum Daerah Pengelolaan Air Limbah Domestik (Perumda Pald Banjarmasin)

Tarif Pelayanan.
Besarnya tarif pelayanan pengelolaan air limbah PD PAL Kota Banjarmasin telah diatur pada Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 23 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 16 Tahun 2006 tentang Tarif Jasa Pelayanan Pengelolaan Air Limbah Kota Banjarmasin. Peraturan Walikota tersebut menyatakan bahwa tarif pengelolaan air limbah sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari jumlah pemakaian air bersih untuk setiap golongan pelanggan dan 12,5% (dua belas koma lima persen) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca Juga !  Ramadhan Mubarak, Lapas Banjarmasin Gelar Buka Puasa Bersama

Tarif yang harus dibayarkan oleh pelanggan PD PAL sudah termasuk didalam rekening pembayaran air bersih PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *