Optimis Raih WBK 2024, Lapas Banjarbaru Terima Kunjungan TPI Itjen Kemenkumham

BANJARMASIN, POSTKALIMANTAN.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru menerima kunjungan Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham, Sabtu (11/5). Setibanya di Lapas, rombongan TPI disambut langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, para Pejabat Struktural, dan Duta Layanan, kemudian disambut penghormatan dan penampilan Yel-yel oleh CPNS yang berkolaborasi dengan Warga Binaan Pramuka.

Wayan menjelaskan kunjungan TPI Itjen ini dalam rangka evaluasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK di Lapas Banjarbaru. “Setelah mengikuti desk evaluasi kemarin, hari ini TPI meninjau secara langsung kondisi sarana dan prasarana pendukung layanan di Lapas Banjarbaru, mulai dari ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Klinik Pratama, Dapur Sehat, hingga Sarana Asimilasi dan Edukasi atau SAE,” ujar Wayan.

TPI juga melakukan pemantauan langsung terkait pelaksanaan inovasi yang telah dibuat Lapas Banjarbaru guna mendukung peningkatan kualitas layanan publik seperti ANTIS (Anjungan Titip Besuk Otomatis), Si PANIK (Sistem Pelayanan Klinik), LAKASI (Layanan Kesehatan Setiap Hari), Dapur Sehat Labaru, dan Si MBOK (Sistem Kereta Pembagian Ompreng Blok).

“Inovasi yang kita buat dilihat sistem kerjanya oleh TPI, terutama ANTIS Anjungan Titip Besuk Otomatis, yaitu sistem antrian berbasis IT berupa mesin antrian yang mengeluarkan nomor antrian untuk pelayanan kunjungan, penitipan, dan informasi yang menyatu dengan pelayanan terpadu satu pintu. Duta Layanan yang setiap hari bertugas di ruang tunggu pelayanan menjelaskan secara detail kepada TPI terkait sistem kerja ANTIS,” jelas Wayan.

Baca Juga !  Pemkab Kotabaru Gelar Festival Gebyar Pesona Ramadhan 1445H/2024M

“ANTIS ini membuat pelayanan dan kondisi pada ruang tunggu pelayanan menjadi lebih tertib dan masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik sehingga dapat menunggu antrian dengan tenang tanpa takut antrian diserobot,” tambah Wayan.

Wayan menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh TPI dalam rangka evaluasi pembangunan ZI di Lapas Banjarbaru. Dirinya menegaskan bersama jajarannya terus berkomitmen mewujudkan Lapas Banjarbaru terhindar dari segala bentuk praktik korupsi dan terus berupaya melakukan perbaikan guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Segala masukan dari TPI tentu sangat bermanfaat bagi kami guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Semoga dengan evaluasi lapangan ini, TPI melihat secara langsung komitmen, upaya, dan keseriusan Lapas Banjarbaru untuk dapat meraih predikat WBK pada tahun 2024 ini,” harap Wayan.

Baca Juga !  Desa Mekar Jaya Angsana Ikut Lomba Posyandu Tingkat Provinsi

Kunjungan TPI Itjen Kemenkumham di Lapas Banjarbaru dipimpin oleh Ari Prambudi selaku Pengendali Teknis, bersama Indra Saputra selaku Ketua Tim, dan M. Catur Sugiharto, Dedi Novianto, Silvina Sari, I Made Wedha Satria, Anggit Sri Rahayu selaku Anggota Tim. Turut hadir Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil, Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi, Teknologi Informasi, Eko Sulistiyono, dan Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel, Joel Simanjuntak. (*TR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *