Para Perempuan Kalsel Diajak Masuk Jadi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota

Banjarmasin, Tim Seleksi (Timsel) Bakal Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan, formasi Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 beranggotakan Perempuan sebesar 30 persen.

Timsel bakal calon anggota bawaslu Kabupaten/Kota membuka peluang kepada para perempuan di daerah ini untuk masuk menjadi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota. Kegiatan rekrutmen telah dimulai dan memasuki tahapan sosialisasi, pengumuman dan pendaftaran, yaitu 22 sampai 27 Mei 2023.

“Kami mengimbau kepada Perempuan di Kalsel, mari berkontribusi untuk Bangsa dan Negara dan Daerah. Yakni membawa demokrasi ke arah yang lebih baik. Kami yakin, sumber daya manusia perempuan di Kalsel sangat bagus dan banyak,”ujar Varinia Pura Damayanti, salah satu Timsel Bakal Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/ Kota Provinsi Kalsel, dalam jumpa pers di salah satu hotel di Jalan A Yani Banjarmasin, Senin (22/05/2023).

Para peminat diminta segera melengkapi berkas pendaftaran secepatnya, dan diimbau tidak mendaftar di menit-menit terakhir pendaftaran.

Pendaftaran dan penerimaan berkas dilaksanakan selama hari kerja, yakni Senin 29 Mei hingga Rabu 7 Juni 2023. Masa pendaftaran bisa diperpanjang jika kuota 30 persen pendaftar perempuan belum terpenuhi.
Selanjutnya, ada tahap perbaikan berkas persyaratan selama 3 hari
kalender, yakni 8 Juni sampai dengan 10 Juni 2023, pengumuman masa perpanjangan dan perpanjangan masa pendaftaran dari 12 Juni sampai 15 Juni 2023.

Baca Juga !  Car Free Day Serta Pelayanan Kesehatan, Pj Bupati Lepas Kotingan POPDA Tala

Syarat-syarat untuk mengikuti seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota masa jabatan 2023-2028 antara lain WNI, berusia paling rendah 30 tahun, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, berdomisili di wilayah Kabupaten/Kota Kalsel.

“Persyaratan selengkapnya diumumkan secara resmi di laman Pengumuman Pendaftaran Bakal Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan Masa Jabatan 2023-2028, pada situs resmi dan media sosial Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Dijelaskan, berkas pendaftaran dikirim melalui pos kilat khusus, email atau menyampaikan/mengirimkan dokumen fisik secara langsung ke alamat Sekretariat Tim Seleksi Bakal Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan Masa Jabatan 2023-2028 di alamat:
*Wilayah Provinsi Kalsel I, Jalan Putri Junjung Buih Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru.
*Untuk Wilayah Provinsi Kalsel ll dan ll, beralamat di Lobby Lounge Lantai Dasar Business Center Hotel Banjarmasin International Jl. A.Yani Km. 4,5 RW.5, Karang Mekar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

Bagi pelamar yang mendaftar melalui pos kilat dan email, berkas hard copy harus diterima timsel paling lambat 7 Juni 2023.

Baca Juga !  Dandim 1002/HST, TMMD ke-116 Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah Siap Dibuka

Sementara itu, Anggota Timsel lainnya, Muhammad Fauzi menekankan, poin penting pada rekrutmen Bawaslu Kabupaten/Kota ini adalah berdomisili di wilayah yang sesuai pilihan bawaslu yang dituju. Misalnya penduduk Kabupaten Banjar, maka jika berminat menjadi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, maka yang bersangkutan mendaftar di Bawaslu Kabupaten Banjar.

“Jadi yang ber-KTP Banjarmasin, tidak bisa melamar menjadi anggota Bawaslu Tapin, kecuali pindah domisili yang dibuktikan dengan KTP yang baru,”ungkapnya.

Dia menegaskan, Timsel akan mencermati. Jangan sampai terjadi ada yang mendaftar memakai KTP ganda, karena merasa berpeluang untuk lolos seleksi di kabupaten/kota lain. ril

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *