PT. Indocement Tarjun, Latihan Sasirangan di Desa Pulau Panci

Post Kalimantan.com – Kotabaru. PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Plant Tarjun gelar Pelatihan Community sebagai upaya melestarikan budaya Banjar dan meningkatkan kesejahteraan keluarga Di Desa Pulau Panci pada Sabtu 18 Maret 2023 kemaren, yang dilatih oleh instruktur “Sahabat Sasirangan” Kabupaten Kotabaru.

Pelatihan sasirangan ini dibuka oleh Hadnadi, Selaku CSR Section Head.
ia menyampaikan ucapan terima kasih atas antusias peserta yang mengikuti pelatihan ini. Dan harapannya kegiatan ini tidak berhenti setelah selesai pelatihan tetapi peserta dapat terus melanjutkan kreativitasnya dalam membuat seni kain sasirangan.


“Kami berharap kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu usaha peningkatan pendapatan masyarakat,” ucap Hadnadi.

Peserta pelatihan didominasi oleh kelompok ibu – ibu rumah tangga sebanyak 10 orang, dan dilaksanakan selama 2 hari. Mulai dari tanggal 18 sampai dengan 19 Maret 2023 bertempat di Aula Kantor Desa Pulau Panci.

Materi pelatihan dasar pembuatan sasirangan yang diajarkan meliputi, membuat pola atau bentuk gambar, cara mencampur bahan untuk pewarnaan, jerujut dari benang, nama bahan pewarna serta komposisi bahan dan jenis kain untuk bahan pembuatan sasirangan.

Baca Juga !  Polsek Pulau Laut Selatan Amankan 1 Orang Pelaku Penganiayaan

Salah seorang peserta, Jumahdalena dari Desa Pulau Panci menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. ITP Tarjun yang telah memberikan pelatihan ini.


“Semoga dengan mengikuti pelatihan ini kami semua ke depannya bisa mengembangkannya menjadi pengrajin sasirangan dengan motif khas Kotabaru,” ujarnya.

Jumahdalena juga berharap selanjutnya bisa mencoba membuat sasirangan dengan pewarna alami sehingga lebih ramah lingkungan.


“Saya juga ingin mencoba membuat Sasirangan dengan pewarna alami sehingga lebih murah dan ramah lingkungan” lanjutnya.

Dalam Kesempatan yang sama, M. Syaifuddin selaku SHECSR Dept. Head menyampaikan “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada warga di Desa Binaan dalam program CSR tahun 2023 untuk melestarikan Budaya Batik Sasirangan Khas Banjar, semoga pelatihan ini juga dapat menumbuhkan pelaku UMKM baru serta meningkatkan perekonomian warga” Tuturnya

Baca Juga !  Sebanyak 10 Orang Warga Binaan Lapas Kotabaru Mendapatkan Asimilasi Rumah

Setelah mengikuti pelatihan dasar membuat sasirangan ini, masing – masing peserta diharapkan dapat membentuk kelompok dan mengembangkan usaha dengan tetap didampingi serta terus berkoordinasi dan komunikasi bersama Tim Instruktur “Sahabat Sasirangan” Kotabaru jika ada perihal lain yang diperlukan atau kendala dalam penerapan di tempat masing – masing.

Penulis : Muhammad Rizky / Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *