Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Digelar Polres Kotabaru Persiapan Pengamanan Jelang Idul Fitri 1444 Hijriah

Post Kalimantan – Kotabaru. Polres Kotabaru Polda Kalimantan Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka persiapan petugas menghadapi hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Rakor Lintas Sektoral pada hari ini guna persiapan di masing – masing sektor dalam rangka memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, kelancaran dan ketertiban masyarakat dalam perayaan Idul Fitri.

Rakor Lintas Sektoral dihadiri oleh Waka Polres Kotabaru Kompol Sofyan, Sik, Asisten I Setda Kab. Kotabaru, Kadishub Kotabaru dan perwakilan dari Basarnas Kotabaru, BPBD Kotabaru, Kemenag Kotabaru, Dinas PUPR, Disperindag, Disparekraf, Dinkes Kotabaru, Kodim 1004 Kotabaru serta Lanal Kotabaru,
Dari Internal Polres Kotabaru hadir, Para Pejabat Utama Polres Kotabaru dan para Kapolsek Jajaran Polres Kotabaru,
bertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Kotabaru. Senin (10/04/2023).

Kapolres Kotabaru AKBP M Gafur Aditya Siregar, Sik melalui Kabag Ops Kompol Agus Rusdi Sukandar, mengatakan Rapat Koordinasi Lintas sektoral untuk membahas Kesiapan Pengamanan menghadapi Idul Fitri 1444 H / 2023 di k.abupaten Kotabaru

“Gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Intan – 2023, akan dilaksanakan tanggal 17 April 2023 depan,”ucap Kabag Ops Kompol Agus Rusdi Sukandar.

Sementara,Kasat intelkam Polres Kotabaru, IPTU Shoqif Fabrian Yuwindayasa dalam penyampaian didepan Rakor, untuk prediksi terjadinya kerawanan menjelang hari Raya Idul Fitri
biasanya terjadi peningkatan pengunjung di pusat perbelanjaan seperti Pasar Limbur Raya sehingga menimbulkan kepadatan dan terjadi kemacetan lalulintas di Jl. Putri Ciptasari depan Pasar Limbur Raya.

Baca Juga !  Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun Gelar Media Gathering Bersama Insan Pers

Kerawanan lain, diprediksi terjadi perbedaan waktu penetapan jatuhnya 1 syawal Idul Fitri 1444 H / 2023 , Majelis PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa tanggal 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat tanggal 21 April 2023 Masehi sedangkan dari Pemerintah melalui Kemenag masih akan menunggu keputusan sidang Isbad yang akan digelar tanggal 20 April 2023 mendatang.

Menegaskan, Kerawanan yang juga sering terjadi pada saat hari raya terjadinya tawuran warga akibat anak- anak bermain perang – perangan tembakan di jalan-jalan raya.

Sambung Kasat intelkam, selain mengantisipasi kerawanan terjadinya tawuran juga siap antisipasi Peningkatan pengunjung di Objek wisata Kotabaru, maka akan didirikan Pos Pengamanan dilokasi objek wisata Pantai Gedambaan Sarang Tiung, Hutan wisata Puncak Meranti, wisata Air Terjun Tumpang Dua dan Puncak Mamake.

“Dikhawatirkan terjadinya hal tersebut maka kita siapkan Posyan maupun Pospam dengan melibatkan personil dari beberapa instansi yakni Polres Kotabaru, Kodim 1004 Kotabaru, Lanal Kotabaru, Basarnas, BPBD, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Pramuka Saka Bhayangkara dan Senkom Kotabaru,”ujar Shoqif.

Baca Juga !  Melanggar Pasal 187 KUHP, Seorang Oknum PNS Ditangkap

Dijelaskan, Meningkatnya jumlah penumpang di penyeberangan Pelabuhan Ferry Stagen dan Pelabuhan Tanjung Serdang akan diantisipasi dengan didirikan nya Pos pelayanan terpadu dilokasi Pelabuhan.

Dengan mengantisipasi melonjak arus mudik maka pengamanan Tranportasi wilayah perbatasan, maka disiapkan Pos pengamanan yang akan didirikan di Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir yang berbatasan dengan Kabupaten Tanah Bumbu dan Sengayam Kecamatan Pamukan Barat yang berbatasan dengan wilayah Kaltim.

“Operasi Kepolisian Ketupat Intan – 2023 akan digelar selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 19 April 2023 sampai dengan 02 Mei 2023 dan kegiatan operasi ini akan terus berjalan di seluruh wilayah hukum polres Kotabaru. (Ardiansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *