Selamatan Laut di Muara Pantai Pagatan Besar Takisung, Konvoi Kapal Motor Milik Warga Beriringan

POSTKALIMANTAN.COM, TAKISUNG – Nelayan Desa Pagatan Besar tiap tahun mengadakan selamatan laut dan ini satu budaya ditengah-tengah masyarakat di desa pagatan besar, sebagai tanda bersyukur dengan nikmat Tuhan, acara ini dikemas dengan ada berapa kegiatan oleh panitia karang taruna bekerjasama dengan pemerintahan desa.

Turut dihadiri Bupati Tala, yang diwakili oleh Setda Tala, Camat Takisung, Polsek Takisung, Danramil Takisung, TNI AL, DKPP Tala, Disperindag Tala, Minggu (23/7/2023) Kecamatan Takisung, Kab Tanah Laut, Prov Kalimantan Selatan.

Kades Memberikan Hadiah kenangan kepada Perwakilan Kapal Motor

Kades Pagatan Besar Hambrani menjelaskan, bahwa di samping selamatan laut, panitia juga mengundang diantara KH Juhran dari Martapura sebagai siraman rohani khusus kepada warga kami desa pagatan besar.

Baca Juga !  Konfercab GP Ansor Tala Tetap Gelar Acara, Meski Tertundanya Menunggu Instruksi Pusat

“Acara budaya selamatan laut ini tidak lepas dari bantuan dana hibah, satu milyar di tiap-tiap kecamatan,” ucapanya.

Sambung Hambrani sangat senang festival budaya ada berapa kapal motor ikut dalam rombongan menjadi peserta pawai kirab dengan bermacam-macam hiasan dan bendera merah putih.

“Peserta pawai kirab kapal motor mendapatkan hadiah kenangan dari panitia selamatan laut,” bebernya.

Harapan kades Hambarani acara kegiatan budaya ini menjadi destinasi religi, dan bisa mengenalkan budaya religius seperti selamatan laut.

Hal itu juga Setda Dahnial Kifli berharap apa yang sudah dilaksanakan oleh warga Desa Pagatan Besar.

“Tradisi ini tetap dipertahankan jangan di rusak dan perlu dilestarikan menjadi event tahunan, potensi budaya ini terus di kembangkan agar di kenal baik daerah lain dan provinsi, pungkasnya. (Mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *