HAKORDIA 2023 Para Tokoh LSM Banua Gelar Aksi Damai, Bagikan Bunga dan Stiker

POSTKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Anak Bangsa Anti Kecurangan (BABAK) Kalsel dan sejumlah Aktivis tergabung Kelompok Pemerhati Hukum Banua menggelar perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Puluhan dari lintas LSM berkumpul di depan kantor KNPI Kalsel untuk menyuarakan aksi peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, Sabtu (9/12/2023).

Ketua LSM Babak, Bahrudin yang akrab disapa Udin Palui menyoroti instansi kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, mendesak mereka untuk melakukan pencegahan terhadap maraknya pertambangan ilegal, yang dikenal sebagai Galian C. Ia menegaskan bahwa baik ilegal logging maupun ilegal mining harus diatasi dengan tindakan tegas.

“Tidak hanya berhenti pada Kapolda, kami berharap instansi terkait seperti Kapolri, Kejagung RI, dan KPK Pusat di Jakarta turut ambil bagian dalam menangani kasus korupsi di wilayah hukum Kalimantan Selatan,” kata Udin Palui.

Garda Taruna Nusantara (Gantara) Kalsel, Ketua Heryato menyampaikan, Aksi lintas LSM ini menunjukkan keseriusan masyarakat dalam berperan aktif melawan korupsi dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Harapan para pendemo adalah agar langkah-langkah konkret segera diambil untuk mengatasi permasalahan yang telah diungkapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Masyarakat Pemerhati Infrastruktur Banua (KMPIB) Kalsel, Bahaudin panggilan akrab Baha menjelaskan, ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya korupsi dan mendorong partisipasi aktif dalam pemberantasan korupsi.

“Aksi ini melambangkan kebersamaan organisasi masyarakat dalam menanamkan semangat perlawanan terhadap korupsi,” jelasnya.

Baca Juga !  SMKN 3 Banjarmasin Lakukan Khataman Al-Qur'an Dan Gerakan Pencanangan Menghapal Al-Qur'an Bagi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia

“Peserta dan Pemimpin Organisasi Menyuarakan Komitmen,” jelasnya.

Hal Senada, Ketua Aksi Rakyat Menggugat (ARM) Kalsel, Sahrozy menyampaikan, Simbol Kebersamaan dan Keseriusan pengumuman komitmen, acara ini juga diwarnai dengan aksi menyambangi pengguna jalan, simbolis bagi-bagi bunga dan stiker Hakordia 2023 di jalan.

“Peserta dan Pemimpin Organisasi Menyuarakan Komitmen,” tuturnya.

Hal itu juga, Lembaga Pengawas Pemantau Pelapor Korupsi (LP3K) Kalsel, Ketua Akhmad Bahrani alias Bram menyampaikan, Langkah ini menggambarkan tekad bersama untuk menjadikan Indonesia sebagai negara bersih dari praktik korupsi.

“Harapan dan Komitmen Ke Depan Dalam kesempatan ini, perwakilan dari organisasi-organisasi yang hadir menyampaikan harapan dan komitmen mereka untuk terus bersinergi dalam upaya memberantas korupsi,” katanya.

Aliansi Gerakan Anti Korupsi (AGAK) Kalsel, Albany menegaskan pentingnya keterbukaan informasi, responsif terhadap berita yang berkaitan dengan tugas, dan kerja sama aktif antarorganisasi.

“Ini mencerminkan semangat dan tekad kuat untuk terus melibatkan masyarakat dalam perlawanan terhadap korupsi,” ungkapnya.

Hal Senada, Ketua Pemuda Kalimantan, Novel menyampaikan, tidak hanya menjadi slogan, tetapi juga gerakan nyata yang membawa perubahan positif bagi kemajuan bangsa.

“Aksi ini kita harapkan dapat menginspirasi organisasi-organisasi di seluruh Indonesia untuk melakukan langkah serupa dalam upaya menciptakan negara yang bersih dan adil,” tambahnya.

Aksi ini juga dihadiri sejumlah tokoh-tokoh LSM Banua yaitu:
1. Ketua LSM Babak Kalsel, Bahrudin
2. PEMUDA KALIMANTAN_ Ketua Ovel.
3. Kelompol Pemerhati Kinerja Aparator Pemerin dan Parlemen (KPK-APP) Kalsel, Ketua Aliasyah, S.Pd.I.
4. DPD Garda Taruna Nusantara (Gantara) Kalsel_ Ketua Heryanto.
5. Kelompok Masyarakat Pemerhati Infrastuktur (KMPIB)_ Ketua Bahaudin.
6. Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI) Kalsel_ Ketua Gajali Rahman.
7. Aliansi Gerakan Anti Korupsi (AGAK) Kalsel_ Ketua ALBHANY.
8. Lembaga Pengawas Pemantau Pelapor Korupsi (LP3K) Kalsel_ Ketua Akhmad Bahrani.
9. Aksi Rakyat Menggugat (ARM) Kalsel_ Ketua Sahrozy.
10. Aksi Persatuan Islam Kalimantan (APIK) Kalsel_ Bendum Syarifuddin.
11. Komunitas Rakyat Banua Bersatu (KRBB) Kalsel_ Ketua Noor Hafifah.
12. DPW IWO INDONESIA Kalsel_ Sekretaris Muhammad Nanda.
13. Badan Pengawas Penyelidikan & Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (BP3K-RI) Perwakilan Kalsel_ Ketua H Muslim Ma’in.
14. LAUNG KUNING BANJAR, Rakat Badingsanakan_ Panji
15. Kelompok Suara Hati Nurani Masyarakat (KSHNM) Kalsel_ Ketua Udin Palui. (Ek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *