Kunjungi Lapas Banjarbaru, Dirwatkeshab Tinjau Dapur Sehat dan Klinik Pratama

POSTKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru menerima kunjungan langsung Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi (Dirwatkeshab) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Elly Yuzar, Sabtu (3/2). Dirwatkeshab mengunjungi Lapas Banjarbaru dengan didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Said Mahdar.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, beserta para pejabat struktural. Pada kesempatan ini, rombongan Dirwatkeshab meninjau langsung dua fasilitas layanan yang tengah proses perbaikan yaitu dapur sehat dan klinik pratama.

Elly Yuzar meninjau dapur sehat Lapas Banjarbaru serta berkomunikasi dengan para petugas dapur dan warga binaan. Ia mengapresiasi dan memberikan saran dan masukan yang bermanfaat untuk perbaikan sarana dapur sehat.

“Selalu jaga komunikasi dengan warga binaan, terutama terkait waktu pengolahan sesuai menu dan pendistribusian makanan. Pastikan seluruh peralatan memasak dan tempat makan dalam keadaan higienis sebelum digunakan oleh warga binaan,” kata Elly.

Baca Juga !  Sambut HUT RI Ke-78 Manajemen dan Karyawan HBI dengan Kesemarakan dan Kebahagiaan

Selanjutnya, Dirwatkeshab meninjau klinik pratama Lapas Banjarbaru dan berkomunikasi dengan Dokter dan para Perawat. Ia berpesan agar selalu memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada seluruh warga binaan.

“Penyakit menular yang sering dialami warga binaan adalah TB dan skabies, karena harus hidup bersama dalam waktu yang lama dan overcrowded yang terjadi di sebagian besar Lapas dan Rutan di Indonesia. Mengingat tingginya risiko tersebut, maka selalu lakukan upaya pencegahan dan pengendalian sejak awal mereka masuk ke Lapas,” pesan Elly.

Pada kesempatan yang sama, Kalapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa menyampaikan terima kasih atas kunjungan Dirwatkeshab. Ia mengaku akan terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan pada sarana dapur dan klinik pratama demi peningkatakan pelayanan bagi warga binaan.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya kunjungan Bapak Dirwatkeshab, beliau meninjau dan melihat langsung pengerjaan perbaikan dapur sehat yang dikerjakan dengan gotong royong dan hasil kreatifitas warga binaan,” ungkap Wayan.

Baca Juga !  Bersama Tim Relawan Kesehatan Jama'ah Haul Abah Guru Sekumpul Ke- 18

“Segala saran dari Bapak Dirwatkeshab terkait perbaikan sarana dapur akan segera kami tindaklanjuti dan kami akan berupaya penuh melakukan perbaikan-perbaikan sehingga menjadi dapur sesuai yang diharapkan. Pada akhirnya nanti kami berharap, Bapak Dirjenpas berkenan meresmikan dapur sehat Lapas Banjarbaru,” harap Wayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *