Menyongsong Semangat Adipura, Tanah Laut Gelar Aksi World Cleanup

POSTKALIMANTAN.COM, PELAIHARI – Bertempat di tengah Kota, tepatnya di area Terminal Tanah Habang Bajuin Plaza, Pasar Tapandang Berseri dan los pasar ikan. Empat kelompok besar relawan lingkungan yang terdiri dari PNS dan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, serta TNI/Polri, Komunitas lingkungan Sekolah Adiwiyata dan masyarakat umum serentak lakukan aksi bersih-bersih lingkungan, Jumat (22/9/2023).

Dimotori oleh Dinas Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Tanah Laut, berkolaborasi dengan World Cleanup Kalimantan Selatan dan World Cleanup Tanah Laut, aksi bersih-bersih ini diikuti ribuan peserta aksi, terlebih Pj. Bupati Tanah Laut nampak turun ikut aksi langsung di lapangan dan tanpa sungkan membaur bersama peserta aksi lainnya berjibaku membersihkan sampah yang berada di lokasi kegiatan.

Pj. Bupati Tanah Laut, Ir. H. Syamsir Rahman, M.S mengungkapkan, dalam sesi wawancara bersama para Jurnalis jika Ia sengaja terjun langsung melakukan aksi sekaligus melakukan pemantauan kondisi fasilitas umum di Tanah Laut, utamanya pasar dan terminal yang mana ini juga merupakan antisipasi akan penilaian Adipura di akhir bulan September ini.

Baca Juga !  Gabungan LSM Banua Pertanyakan Beberapa Dugaan KKN di Kalsel, Diantaranya Tabalong dan HST, Ini Aspirasinya

“Kegiatan dan kunjungan ini bertujuan memberikan edukasi persampahan dan mencermati kondisi pasar Tapandang Berseri yang akan melalui penilaian Adipura,” ungkapnya.

Ia mengatakan, bahwa Adipura merupakan tolak ukur keberhasilan daerah dalam mengelola persampahan sehingga hal ini menjadi sangat penting bagi daerah.

“Pencapaian Adipura memerlukan kerjasama seluruh pihak dan warga masyarakat agar lingkungan tetap terjaga dari sampah,” ucap Syamsir.

Eka Prasetya Aneba, selaku Leader Operation WCD Kalimantan Selatan yang juga Head Project Operation Yayasan Nayaka menjelaskan, bahwa pelaksanaan WCD 2023 seyogyanya dilaksanakan serentak di seluruh dunia pada tanggal 16 September 2023, namun karena kendala teknis sehingga kegiatan di Tanah Laut diundur menjadi 22 September 2023.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong kolaborasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan Indonesia bersih diperlukan adanya kampanye masif dengan pelibatan pemerintah, komunitas, sekolah dan masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga !  Seputaran Bandara Internasional Syamsuddin Noor Jadi Fokus Perhatian Pencegahan Karhutla

WCD tahun 2023 ini mengusung tema ‘Kami 13 Juta Relawan Bijak Kelola Sampah menuju Indonesia Bersih’ yang juga dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap Program Adipura di Kabupaten Tanah Laut dalam mewujudkan kota bersih, sehat, sejuk dan indah. (MN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *