Pj Bupati Tanah Laut, Dalam Penilaian Lomba Air Bersih dan Sanitasi Bisa Mendapatkan Juara

PELAIHARI, POSTKALIMATAN.COM – Usai mengunjungi daerah Banua Enam, Tim juri Sanitasi Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (Satu Wasaka) Award dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melanjutkan kunjungannya ke daerah, kali ini Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang dikunjungi pada Senin (20/5/2024).

Kedatangan tim tersebut untuk melakukan verifikasi lapangan sekaligus penilaian Satu Wasaka Award Tahun 2024.

Dalam kunjungan ini, tim meninjau beberapa lokasi, diantaranya SPAM IKK Bajuin, bank sampah, TPA dan IPLT Bakunci dan TPS 3R di Kota Pelaihari.

Pj Bupati Tala, H Syamsir Rahman menyampaikan bahwa kunjungan tim Satu Wasaka ini merupakan momen yang sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala untuk mengevaluasi kualitas air bersih dan sanitasi.

“Hasil penilaian dan masukan dari tim juri akan menjadi sumber motivasi bagi pemerintah dan warga setempat untuk terus meningkatkan kualitas air bersih dan sanitasi, serta memperbaiki berbagai aspek terkait masalah lingkungan,” katanya.

Baca Juga !  Kapolda Kalsel Pimpin Pengamanan Haul Ke-18 Abah Guru Sekumpul

Meskipun masih banyak hal yang harus diperbaiki, Syamsir berharap Tala bisa menjadi juara dan menjadikan hal itu motivasi yang lebih besar untuk melanjutkan perbaikan kedepannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Tala Syakhril Hadrianadi mengatakan Bumi Tuntung Pandang sangat konsen dalam upaya peningkatan pelayanan sanitasi dan air bersih.

“Kami sudah banyak membangun infrastruktur, baik melalui APBD dan APBN, salah satunya adalah program peningkatan Indeks Kesehatan Lingkungan (IKK) hingga tahun 2022 dan 2023,” ucapnya.

Dijelaskannya perbaikan infrastruktur ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya terkait pelayanan air bersih yang sebelumnya belum maksimal.

Baca Juga !  Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto Buka Rapat Koordinasi Unsur Maritim Kalsel untuk Pengamanan Mudik Lebaran 2024

“Sekarang dengan bantuan dana APBD dan APBN, pemanfaatan air bersih telah dimaksimalkan dan masyarakat dapat menikmatinya dengan lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kualitas lingkungan di Tala semakin meningkat,” pungkasnya. (MN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *