Polres Kotabaru Bersama Puslabfor Mabes Polri Usut Kematian 3 Tenaga Kerja Asing

Pos Kalimantan – Kotabaru. Polres Kotabaru bersama Puslabfor Mabes Polri mengusut kematian 3 TKA (Tenaga Kerja Asing) asal China pada beberapa hari yang lalu.

Polres Kotabaru bekerja sama dengan Polda Kalimantan Selatan dan Mabes Polri dalam mengusut kasus kematian 3 TKA yang bekerja di PT.SDE ( Qimfa ). Kamis, 16 Maret 2023 sore kemaren.

Konferensi pers tersebut dilaksanakan di Aula Sangka Satyawada Polres Kotabaru. Kamis (16/03/2023)

Kapolres AKBP M. Gafur Aditya Siregar didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Abdul Jalil, Pyslabfir Mabes Polri Arif Andi Setiyawan, Kasubdit Jatanras Polda Kalimantan Selatan Kompol Reza Bramantya.

Kasus kecelakaan kerja yang mengakibatkan meninggalnya 3 TKA terjadi pada hari Senin, 13 Maret 2023 pada jam 01.00 Wita. Dengan identitas korban yang bernama Jinxiang Yao (51) Kewarganegaraan China, Xuecen Tang (42) kewarganegaraan China, dan Lizei Day (46) Kewarganegaraan China.

Baca Juga !  PT. Indocement Tarjun, Latihan Sasirangan di Desa Pulau Panci

Kecelakaan kerja tersebut berada di kedalaman 1,3 Km dari pintu masuk terowongan tambang, yang berlokasi di Desa Magalau Hulu, Kecamatan Kelumpang Barat, Kabupaten Kotabaru.

Kapolres Kotabaru AKBP M. Gafur Aditya Siregar menyampaikan kronologi peristiwa kecelakaan kerja “Peristiwa terjadi sekitar pukul 02.00 Wita dini hari, Senin (13/3/23) lalu, 10 pekerja sedang bekerja di dalam area tambang. 10 pekerja tersebut dibagi dalam 3 grup, dimana dua grup terdiri dari 3 orang, dan satu grup terdiri dari 4 orang, yaitu 1 orang leader dan 3 orang. Mereka bekerja di kedalaman 1,3 km,” ucap Kapolres.

“Saat akan kembali ke mulut gua, alat deteksi gas milik leader berbunyi dan memberikan tanda warning, sehingga dengan cepat para pekerja ke luar gua. Akan tetapi ternyata ada 3 orang pekerja yang tidak ikut keluar gua,” lanjutnya.

Kemudian pihak perusahaan tersebut melakukkan pertolongan dengan membawa ketiga orang korban tersebut menuju Klinik Suaka Insan Desa Magalau Hulu.

Baca Juga !  PT Indocement Tunggal Prakarsa Mempunyai 13 Pabrik, Total Kapasitas Produksi Tahunan 25,5 Juta Ton Semen

“Setelah hasil pemeriksaan oleh nakes klinik Suaka Insan korban tersebut dinyatakan sudah meninggal dunia, selanjutnya pada jam 02.30 wita ketiga korban tersebut di rujukan ke RSUD Husada Tanah Bumbu”

Saat ini Polres Kotabaru sudah melakukan Polise Line untuk penutupan sementara di area sekitar lokasi kecelakaan kerja tersebut.

Penulis : Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *