Turnamen Catur Pj Bupati Tala Syamsir Rahman: Meminta di Kembangkan Lagi Antar Desa dan Kecamatan

POSTKALIMANTAN.COM, PELAIHARI –Dalam menyambut Hari Jadi Tala ke 58 tahun, persatuan catur Kabupaten Tanah Laut, menggelar Turnamen catur cepat 25 menit terbuka, Piala Pj Bupati Tala tahun 2023, di Ruang Taman Hijau Pasar Lawas, Kecamatan Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Senin (3/12/2023).

Turnamen catur 25 cepat terbuka,di hadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Rudi Imthinsyah, Kepala Dinas PURKPLH Kab Tala, Zainal Abidin, Kodim 1009 Tala, Ketua KONI Kab Tala.

Tahun ini turnamen catur lebih meriah dan peserta terdaftar yang ikut sekitar 120 orang, data ini kita konfirmasi langsung dari panitia.

Di laksanakan selama dua hari, sistem putar keliling sembilan kali main.

Pj Bupati Tala, Syamsir Rahman menjelaskan, di pasar lawas ini banyak mencetak pemain-pemain catur dan menjadi juara mewakili Daerah Kab Tala.

“Apa yang kita lihat hari ini merupakan Turnamen Rakyat, catur ini adalah turnamen rakyat dan kami sangat gembira,” ucapnya.

Disebutkan, disini tumbuh prestasi-prestasi yang banyak melahirkan master-master, mereka lahir alami tidak ada di rekayasa, mempaatkan waktu mereka juga bersilahturahmi sama-sama lainnya.

Langkah permainan di mulai berhadapan Ketua Percasi Mustapa, di lanjutkan dengan di siapkan pengganti untuk melanjutkan, malam malintang Dani (Mantan Anggota Polres Tala), permainan sama drau.

“Semangat mereka kita siapkan untuk turnamen, juga memikir belum adanya orang tua asuh bagi pecatur ini, jadi kalau mereka juara mereka mencari biaya sendiri kemana-mana,” jelas Syamsir.

Baca Juga !  Kabar Gembira Insentif Penyuluh Agama Islam dan Tenaga Pengajar Alami Kenaikan

Menurut Pj Bupati Tala, harus ada orang tua angkat atau para donator, jadi mereka lomba sudah ada yang membiayai, kalau minta terus dana APBD juga terbatas Kepada Pemerintah Daerah.

“Turnamen atau kejuaraan catur seperti ini kita gelar, bagi usia lanjut bisa ikut serta, coba kalau bertanding menggunakan otot yang tua tidak bisa ikut, tapi ini sampai peserta yang tua pun bisa ikut,” terangnya.

Lanjut Syamsir, untuk berikut melaksanakan catur atau lomba bisa menghilangkan stres, menghilangkan pemikiran, liat yang tua-tua mereka panjang umur dengan selalu mengisi waktu kosong bermain catur.

“Yang penting juara itu hebat dan yang kalah pun juga hebat, karna kita suatu saat main lagi, setiap permaina pasti ada yang menang dan yang kalah, saling memenangkan juga saling mengalahkan,” ungkapnya.

Semangat itu terus di dorong, kepada kawan-kawan termasuk sponsornya H Iriansyah (83 Dua Mas) yang ikut membantu Turnamen catur.

Ada keinginan Syamsir Rahman, pasar lawas menjadi Hombes catur, maksud bagaimana mereka akan lebih berkembang lagi.

“Kita Tanah Laut akan melahirkan pecatur-pecatur muda, karna mereka akan berlalu, jadi pecatur muda tumbuh lagi, itulah bergulir yang akan mengantikan mereka,” katanya.

Baca Juga !  71 Personel Polda Kalsel Terima Penghargaan di Hari Kebangkitan Nasional

Sambung, Pj Bupati Tala Syamsir Rahman, “minimal di setiap kecamatan harus ada seperti ini, 11 kecamatan, kalau kita bina akan melahirkan pecatur-pecatur hebat, nanti dari kecamatan turun kedesa,” ujarnya.

Terpisah, Sementara itu Pj Bupati Tanah Laut melalui Dinas Pemuda dan Olahraga ini perlu di anggarkan.

“Turnamen diantar desa, antar kecamatan dan turnamen kabupaten, untuk selanjut lomba ke tingkat propinsi, akhirnya akan tumbuh, dulu yang di sebut pecatur arofah bahtiar muda,” ucapnya.

Kiprah ini satu keinginan Pj Bupati Tala, mencari bibit pecatur yang muda, seperti Bahtiar muda.

“Semoga, untuk catur tingkat desa dan kecamatan program ini di kita lanjutkan,” tutupnya. (MN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *