Lanal Banjarmasin Laksanakan Panen Raya Jagung, Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

POSTKAL.COM, TANAH LAUT – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin melaksanakan panen raya jagung dilahan ketahanan pangan binaan Lanal Banjarmasin bertempat di Desa Transal Tambang Ulang Kec. Tambang Ulang Kab. Tanah Laut, Rabu (23/11/2022).

Panen raya jagung ini merupakan kegiatan lanjutan dari “Gerakan Penanaman Sorgum dan Jagung Nasional Tahun 2022” yang dilaksanakan serentak di jajaran TNI AL pada tanggal 9 September 2022.

Dengan lahan pertanian seluas 2 hektar, penanaman jagung sendiri dilakukan oleh Prajurit Lanal Banjarmasin dengan bantuan warga setempat dalam merawat dan mengelolanya, setelah melalui proses penanaman selama 74 hari, jagung pun siap untuk di panen secara keseluruhan menghasilkan 3,5 ton.

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla melalui Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Banjarmasin Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti menyampaikan, panen raya jagung ini merupakan salah satu rangkaian dalam rangka menyambut HUT Armada pada tanggal 5 Desember 2022 serta sebagai program ketahanan pangan nasional yang menjadi prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu TNI AL harus cepat tanggap terhadap permasalahan ataupun kesulitan rakyat, menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Baca Juga !  Api Kobarkan Pemukiman Warga Griliya Banjarmasin

Tanaman jagung yang sudah dipanen tersebut sebagai wujud keberhasilan dan keseriusan Prajurit Lanal Banjarmasin dalam mendukung perekonomian masyarakat di wilayah kerjanya.

Diketahui, jagung merupakan bagian alternatif dari kebutuhan pokok. Kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani, hal ini bisa dijadikan motivasi supaya terpacu untuk memanfaatkan lahan guna menghidupkan perekonomian sebagai sumber ketahanan pangan nasional maupun di daerah., terang Paspotmar.

Ketua kelompok tani jaya mulya warga Transal Tambang Ulang bapak Slamet mengucapkan, terima kasih dan apresiasi kepada TNI Angkatan Laut yang sudah membantu perekonomian masyarakat. Dengan hasil panen jagung ini, semoga dapat mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan nasional., pungkasnya.

Baca Juga !  Rayakan Anniversary ke Empat, Srikandi WCM Gelar Syukuran dan Ramah Tamah

Turut hadir Perwira Staf Lanal Banjarmasin, para pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II, Forkopimcam, tokoh masyarakat, kelompok tani jaya mulya serta para tamu dan undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *