Health  

Penyerahan Sertifikat Bebas Frambusia kepada Bupati Tanah Bumbu

Jakarta- Postkalimantan.com . Bupati Tanah Bumbu salah satu  yang mendapatan penghargaan berupa sertifikat bebas Frambusia dari kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, di ball room Krakatau Taman Mini Indonesia, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

sertifikat tersebut diberikan kepada Kabupaten Kota non Endemis (Bebas) setelah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan telah dinilai Komisi Eradikasi Frambusia.

Frambusia dikenal juga sebagai frambusia tropica atau patek. Penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung dengan ruam pada kulit yang terinfeksi. Pada awalnya, frambusia hanya akan menyerang kulit. Namun penyakit ini dalam jangka panjang dapat menyerang tulang dan persendian.

Baca Juga !  OPTIMIS Bank Kalsel Capai Modal Inti Minimum Sesuai Ketentuan Regulator

Frambusia adalah infeksi kulit yang disebabkan bakteri treponema pallidum pertenue. Infeksi ini banyak ditemui di daerah tropis yang memiliki sanitasi buruk seperti Afrika, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan

Frambusia paling sering menyerang anak-anak antara usia 2 dan 5 tahun, terutama anak-anak yang memakai sedikit pakaian, sering mengalami cedera kulit dan tinggal di daerah dengan kebersihan yang buruk.

Harapan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, dan juga khususnya se Kalimantan Selatan untuk meningkatkan kinerja penanganan Frambusia ini agar kita semua terhindar dari penyakit tersebut

Baca Juga !  Ketum P3HI Besok Bakal Lantik Pengurus DPC Bartim Masa Bakti 2022-2027

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *