News  

TNI AL Banjarmasin Gelar Sunatan Massal, Peringati Hari Armada RI Dan HUT Kowal

POSTKAL.COM, BANJARMASIN – Dalam rangka peringatan hari Armada RI tahun 2022 dengan tema “Komando Armada RI Pengawal Samudra Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” dan menyambut HUT Ke – 60 Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) pada tanggal 5 Januari 2023 dengan tema “Profesionalisme Dalam Mengabdi, Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, kamis (08/12/2022).

Dengan melibatkan 13 Tenaga Kesehatan (Nakes) bertempat di Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin telah diselenggarakan sunatan secara massal dan gratis dengan jumlah peserta 28 anak berhasil di khitan semuanya.

Ditempat terpisah, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla mengatakan, rangkaian kegiatan ini dalam rangka hari Armada RI dan sambut HUT Kowal. Sebelumnya sudah kita laksanakan kegiatan donor darah, ziarah dan tabur bunga, upacara peringatan hari Armada RI serta bantuan sosial ke yayasan penyandang tunanetra Kota Banjarmasin.

Baca Juga !  PEMBUNUHAN di Mangkauk Banjar, Kapolda Kalsel : Kami Akan Ungkap dan Buat Terang Kasus Pembunuhan Berencana ini

Menurut Danlanal, sunatan massal dari pandangan agama Islam merupakan bagian dari syariat Islam yang diyakini dan wajib hukumnya bagi anak laki laki untuk di khitan. Sesuai ajaran yang telah diterapkan dalam Islam, khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani serta sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya.

Melalui khitanan ini, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan fitrah badan untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya beribadah., jelas Danlanal

Selesai mengkhitankan anaknya, Siti Anisa warga Banjarmasin Utara menyampaikan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang menelenggarakan sunatan massal, sehingga berkesempatan mengkhitankan anaknya dan tentunya lebih berani di khitan karena dilakukan bersama-sama temannya. Seperti diketahui khitan merupakan tuntutan bagi kaum laki-laki dalam agama Islam., ungkapnya.

Baca Juga !  Aspihani Tanggapi Statement Razak Terkait Pemekaran Gambut Raya

Turut hadir Perwira Staf Lanal Banjarmasin, Ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus serta para tamu dan undangan lainnya.

(Al/Pk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *